Gadai Bpkb MobilGadai Bpkb MotorPinjamanTake Over Bpkb

Fungsi Nomor Rangka Dan Mesin Pada Kendaraan Bermotor

Nomor rangka dan mesin

Setiap kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat bahkan jenis truk pastilah ada nomor rangka dan mesin. Letak ke dua nomor ini berbeda setiap jenis kendaraanya, yang pasti kedua nomor ini terpisah letaknya. Nomor rangka atau Vehicle Identification Number (VIN). Terdiri dari kombinasi huruf dan angka sebanyak 17 digit dimana setiap huruf tersebut memiliki arti tersendiri. Lalu sebenarnya untuk apa nomor rangka dan mesin ini?

Fungsi nomor rangka dan mesin yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka memiliki arti tersendiri yang juga untuk cek fisik kendaraan motor atau mobil

Nomor rangka sendiri berfungsi untuk mengetahui Identitas kendaraan dan segala informasi yang berkaitan dengan kendaran. Seperti status kendaraan, catatan mengenai kepemilikan sebelumnya, rekam jejak kendaraan dan lain sebagainya.

Kode huruf setiap negara berbeda satu dengan yang lainnya, negara di Asia dan Eropa menggunakan ISO 3779.  Kanada dan Amerika Serikat menggunakan FMVSS 115, sedangkan Australia menggunakan ADR 61/2.

Selain itu juga kedua nomor ini juga digunakan untuk cek fisik kendaraan pada saat balik nama atau pun untuk hal lainnya. Antara nomor yang tertera di stnk dan BPKB haruslah sesuai dengan yang terdapat di fisik kendaraan. Berbeda satu huruf atau angka saja berarti tidak sesuai dan hrus melewati rangkaian proses selanjutnya agar tidak menjadi masalah.

Dalam hal pengajuan pinjaman kredit BPKB kedua nomor itu sangat penting fungsi nya. Pasti akan dilakukan cek fisik kendaraan berupa gesek nomor rangka dan mesin yang menjadi syarat wajib saat pengajuan. Tanpa ada lampiran cek fisik ini, pencairan dana akan di pending hingga ada lampiran gesekan kedua nomor ini.

Nomor nomor ini juga tercatat di BPKB dan stnk, dimana setiap huruf dan angka harus sama persis dengan yang ada pada fisik kendaraan. Berbeda satu huruf atau angka saja harus di revisi, yang tentunya ada rangkaian proses dalam merubahnya. Dan juga fungsi lain adalah untuk mencegah tindakan kejahatan berupa pemalsuan buku BPKB maupun Stnk serta kendaraan itu sendiri.

Nahhh, demikian sedikit informasi tentang tema ini, silahkan tambahkan jika ada yang kurang. Semoga bermanfaat……

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *